Cara Mengkompres Anak Demam


Ketika anak demam, sebaiknya orang tua mengkompresnya untuk memberi rasa nyaman. Dalam mengkompres anak ada hal-hal yang perlu diperhatikan orang tua, yaitu jangan mengkompres anak dengan alkohol karena uap alkohol dapat terserap ke kulit atau paru-paru anak, dan jangan mengompres anak dengan air dingin, karena apabila diberi air dingin, otak kita akan menyangka bahwa suhu di luar tubuh dingin sehingga otak akan memerintahkan tubuh untuk menaikkan suhunya dengan cara menggigil sehingga memproduksi panas. Akibatnya suhu tubuh anak bukannya turun, melainkan tambah panas.

Cara-cara mengkompres anak yang benar dan dianjurkan adalah sebagai berikut:
·          Kompres dengan menggunakan air hangat (30ÂșC), bukan air dingin atau air es.  Jika air kompres terlalu dingin akan mengerutkan pembuluh darah anak. Akibatnya, panas tubuh tidak mau keluar. Anak jadi semakin menggigil untuk mempertahankan keseimbangan suhu tubuhnya.
·          Letakkan kompres di tempat yang tepat, yaitu di leher, ketiak, dan selangkangan. Tujuan utama mengkompres adalah memberi kemungkinan agar panas yang ada dalam tubuh dapat mengalir keluar. Panas keluar melalui tempat-tempat di mana pembuluh darah besar yang dekat dengan kulit berada, seperti di leher, ketiak, dan selangkangan. Jangan di dahi karena tak banyak manfaatnya untuk menurunkan panas. Kalau hanya dahi yang dikompres, yang dingin hanyalah dahinya, sementara tubuh yang lain akan tetap panas.
·          Selain di tempat-tempat seperti di atas, anda bisa juga meletakkan kompres di bagian perut dan dada dengan menggunakan sapu tangan yang telah dibasahi air hangat. Gosok-gosokkan sapu tangan perlahan di bagian perut dan dada.
·          Bila sapu tangan sudah kering, ulangi lagi dengan membasahinya dengan air hangat.
·          Tambah kehangatan airnya bila demamnya semakin tinggi. Dengan demikian, perbedaan antara air kompres dengan suhu tubuh tidak terlalu berbeda.
Sebagai ganti mengkompres, anda atau ibu dapat pula melakukan cara lain dengan meletakkan anak di bak mandi yang sudah diisi air hangat bersuhu 30-32C. Lalu basuh badan, lengan, dan kaki anak dengan air hangat tersebut, bila anak menolak, beri mainan, ajak bermain. Hal ini dapat membantu mendinginkan tubuh anak yang demam. Ini efektif terutama setelah diberikan obat penurun panas kalau tidak suhu tubuh akan kembali naik.

Silahkan Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar: