Bolehkah Anak Mandi Ketika Demam?

anak mandi, demam
Bolehkah anak yang sedang demam mandi? Takutnya kalau mandi demamnya akan bertambah parah? Pernyataan bahwa mandi bisa menyebabkan demam bertambah parah tidak sepenuhnya benar, tergantung air yang digunakan untuk mandi apakah air dingin atau air hangat. Jika orang atau anak yang sedang demam mandi dengan air hangat, maka secara teori bisa disamakan dengan kompres, selain memberi rasa nyaman juga bisa membantu mengeluarkan panas dari tubuh. Bahkan dikatakan bahwa anak yang sedang demam lebih efektif dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat. Cara ini terbukti sangat membantu untuk menurunkan panas badan anak.
Orang tua tidak perlu khawatir penyakit anak bakal bertambah parah jika dimandikan dengan air hangat, biarkan si kecil main air hangat. Apalagi pada dasarnya anak kecil suka air. Selama ini ada pemahaman yang salah dari para orangtua, bahwa anak sakit tidak boleh kena air atau mandi. Pemahaman tersebut salah menurut para pakar kesehatan dan pandangan itu harus disingkirkan. Justru orang tua harus sadar, anak sakit pun, badannya harus senantiasa bersih.
Mandi dengan air yang hangat juga bisa membersihkan kulit anak yang sedang sakit yang bisa saja ditempeli oleh kuman. Lalu bagaimana kalau anak tak mau mandi dengan alasan lagi sakit, inlah tugas orang tua agar pandai-pandai membujuk. Anak-anak cenderung malas kena air dingin, tapi tidak air hangat, karena anak-anak pasti suka. Kalaupun anak tak mau mandi, orang tua bisa mengelap tubuh anak secara keseluruhan dengan air hangat.


Silahkan Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

2 komentar:

kurnia santi mengatakan...

Berbagi informasi seputar perawatan bayi sehat

hamied mengatakan...

Terima kasih infonya, bisa meluruskan hal yang belum tentu benar