Keajaiban Unik Manusia: OTAK

Pernahkah anda melihat kendaraan tercepat di dunia? Atau pernahkah anda melihat sosok pesawat ulang-alik yang sanggup menembus angkasa raya? Setidaknya tentu anda telah melihat kecanggihan teknologi yang ada di sekitar anda, komputer, HP yang mungkin sekarang anda pegang, dan lain sebagainya.
Semua yang disebut di atas bukan lain adalah karya dari makhluk yang disebut manusia, dan kita adalah bagian dari makhluk itu. Lalu pertanyaannya, apa yang dimiliki manusia hingga sanggup mengolah dunia ini sedemikian rupa dan menakjubkan ini? Jawaban akhir yang pasti kita dapat adalah karena manusia memiliki OTAK. Dengan otak inilah manusia berkreasi, berkreatifitas, mencipta, dan sebagainya.
Otak adalah bagian misterius pada manusia sekaligus salah satu keajaiban terbesar. Pada perkembangan penelitian terakhir, otak ternyata tidak hanya bertanggung jawab pada fungsi-fungsi fisiologis saja, melainkan juga bertanggung jawab pada aspek psikologis atau mental manusia.
Pada sebuah kasus kecelakaan di tahun 1848, seorang pekerja rel kereta api tertembus batangan besi di kepalanya. Hebatnya, orang itu dapat sembuh dari kecelakaan tragis tersebut. Akan tetapi, ada perubahan tingkah laku yang terjadi padanya. Teman-temannya mengeluhkan perubahan kepribadian sang korban yang sebelumnya memiliki sifat sopan, bersahabat dan bekerja dengan giat menjadi orang yang lain sama sekali, berbicara kotor, berkepribadian buruk, kaku dan sebagainya.
Ada satu contoh kasus lagi yang membuktikan kekuatan otak pada manusia; seorang mantan guru menderita tumor di salah satu bagian otak yang berfungsi untuk memproses kualitas ekspresi dari percakapan seperti membaca mimik muka (merengut, merah padam, sedih) dan intonasi (keras, halus, menyindir). Walaupun begitu ia mampu dengan baik memahami kata-kata dan kalimat secara sempurna.
Otak adalah organ yang paling kompleks yang pernah dikenal di alam semesta. Ia adalah satu-satunya bagian tubuh yang paling berkembang dan secara otomatis mempelajari dirinya sendiri.
Bisa dikatakan bahwa otaklah organ yang terpenting pada manusia. Keunggulan otak dibanding organ lain pada tubuh manusia ada pada bentuk dan cara kerjanya. Jantung, hati, paru-paru, ginjal dan lain-lain bekerja dengan cara yang sama, sejak mereka diciptakan sampai mereka rusak. Tetapi otak, ia berubah dan bekerja dengan cara yang berbeda, detik demi detik, waktu demi waktu, dan itu terjadi secara molekuler melalui belajar.
Jadi, kiranya tidak ada alasan memang untuk tidak merasa takjub akan keajaiban otak dan prestasinya yang bahkan tidak tersaingi oleh ciptaan komputer tercanggih di kolong langit ini.


Silahkan Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

0 komentar: